Milo dogie cookies

Lagi-lagi soal kue kering saya posting disini,yah karena besok sabtu kan insyaallah sudah lebaran,hehehe…jadi mumpung juga banyak orderan kue kering jd ya sambil iseng2 saya liat2 IG nya mbak @tintinrayner eh liat ada bentuk kue lucu banget..pas saya liat lagi resepnya ko simpel dan gampang banget ya,jadilah saya kepikiran mau bikin untuk tester siapa tau ada yang berminat..

Dan ternyata memang lumayan banyak peminatnya,padahal kan bikinnya mudah cuma orang2 bilang perlu kesabaran waktu dekor si dogie nya itu sendiri..makanya mereka males bikin dan minta saya bikin beberapa toples untuk suguhan kue lebaran.

Waktu baru dibentuk aja udah lucu dan pas sudah matang juga makin lucu ๐Ÿ˜ฌ tapi yah harus hati2 waktu masang kupingnya si dogie karena ketika kue kering biasanya klo tempelan kupingnya gak kenceng akan terlepas sendiri begitu kuenya matang..

Milo dogie cookies
Milo dogie cookies sebelum di oven

Bener aja begitu kuenya matang dan saya dinginkan di rak pendingin trs ada anak tetangga yg lagi main dirumah eh dia langsung kepingin dan saya kasihlah beberapa..ada beberapa teman juga kasih tantangan saya bikin kue yg unik dan lucu-lucu dan alhamdulillah sejauh ini sih sudah ada beberapa yang saya liat dari internet dan berhasil!!
Sebelumnya juga saya mengucapkan “selamat hari raya idul fitri” buat teman-teman yang merayakan dan mohon maaf lahir dan bathin klo selama ini mungkin saya ada salah baik dari coment atau postingan ya ๐Ÿ™

Selamat Hari Lebaran ๐Ÿ๐Ÿช๐ŸŒบ๐ŸŒŸ๐Ÿ’ซโœจ

Hobby yang menghasilkan duit..

Masih sekitar dapur dan baking,ceritanya lebaran tahun ini gak tau kenapa saya dapat orderan kue kering banyak sekali sampe pegel ini pinggang karena kebanyakan duduk nyetak adonan kue nya,hiks hiks hiks!!

Seperti hari minggu ini dari jam 7 am sudah jalan ke pasar jatinegara tapi ya olohhhhh itu pasar masih pagi buta tapi cari parkiran motor aja susah alias penuh…tapi dengan bersusah payah akhirnya dpt juga parkirannya persis di samping jalan menuju toko bahan kue..duhhh senangnya jadi gak susah2 amat berdesakam nanti pas pulangnya karena dijamin pasti penuh banget bahkan sampe penuh pengorbanan untuk bisa keluar dari gedung pasr jatinegara,hahahahaha….

Tadinya cuma mau beli bahan kue aja tapi pas saya melirik ke abang alat2 bikin kue langsung deh ini tangan gatel kepengen beli cetakan lidah kucing lagi, padahal saya sudah punya 6 loyang tapi karena ukuran dan bentuknya beda jadi saya tertarik pengen beli yg baru ini! Karena apa????? Ya karena dari bentuknya aja udah keliatan lebih kecil dan pendek juga ada cekungan didalamnya,jadi hasil kue lidah kucingnya pun nanti akan terlihat lebih imut dan cantik. 

Akhirnya dibeli juga deh itu loyang dan lagi2 saya tiba2 kepikiran pengen bikin kue Lapis Legit dan saya lihat ada alatnya yg buat ngeratain kue nya jadilah saya beli juga dan pulang dgn perasaan gembira ๐Ÿ˜ฌ sampai dirumah langsung say bongkar dan mulai ngerjain pesanan.

Lidah Kucing Rainbow

Bahan:

300 gr margarine

200 gr butter

400 gr gula halus

200 ml putih telur

2 sachet susu bubuk

400 gr tepung kunci biru

1 sdt vanilli

Pewarna secukupnya

Langkah:

Mixer putih telur sampai terlihat kaku dan sisihkan lalu mixer dgn kecepatan sedang margarine,butter dan gula hingga terlihat putih mengembang,lalu masukan vanilli,susu bubuk dan tepung terigu yg sudah diayak sebelumnya lalu terakhir masukan putih telurnya dan mixer sebentar lalu matikan mixer..aduk dgn spatula.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian,klo saya dibagi 4 adonan dan aduk lalu masukan kedalam piping bag.

Lalu semprot adonan  sesuai selera dan panggang selama kurleb 10 menit angkat dan dinginkan.Masukan kedalam toples supaya lidah kucingnya tidak melempem ya..

Lidah kucing rainbow

Lidah kucing rainbow
Lidah kucing rainbow

Tuhhhh kan cantik kan bentuknya lebih kecil dan imut,hehehehe…

Oh iya saya juga bikin kue soes keju kering tadinya saya mau bikin soes kering coklat tapi karena gak punya suntikan untuk nyuntik coklatnya ya jdinya bikin soes keju kering aja..

Soes keju kering

Begitulah kegiatan saya hari ini dan sangatttt melelahkan,berhubung besok masih kerja jadi saya mau bobo dulu ya sambil mengkhayal seandainya ada mbok yg biasa mijitin saya pasti enak banget kali ya,hahahahaha….

Ok lah selamat malam dan selamat bobo juga!

Kue Lebaran

Sudah lama banget gak ngeblog,karena pikiran lagi banyak bener dan sempat bikin sakit kepala..dan hari ini adalah hari ke 17 puasa ramadhan,dan alhamdulillah juga masih belum kalah neh,padahal tahun lalu banyak bolongnya karena kondisi yg tdk memungkinkan untuk puasa..tapi tahun ini dokter sudah mengijinkan berpuasa dan yeayyyy akhirnya happy bgt biarpun sempat was2 tapi insyaallah Allah membantu saya memberikan saya kesehatan sampai sekarang..

Biasanya juga klo sudah hari ke 15 an ibu saya sudah repot bikin kue buat hari lebaran,cuma tahun ini saya bilang sama ibu klo semua kue lebaran biarkan anakmu saja yg bikin sekaligus membiarkan ibu istirahat aja karena bertahun2 kan beliau yg bikin dan saya cuma bantuin aja,hehehe

Dan karena juga kuenya juga ya itu2 aja jadi saya mau bikin yg lain yg tdk pernah ada dirumah sebelumnya,bermodalkan nekat dan contek sana sini bahkan sampai percobaan juga sebelumnya dan akhirnya saya berhasil!! Masalahnya tangan saya kan selalu gemetaran jadi pas ada kue yg harus dicetak pakai piping bag pasti deh hasilnya amburadul karena gak bisa lurus dan diam ini tangan saya,haduhh merasa jadi spt nenek-nenek aja ๐Ÿ˜ฌ. Yah namanya usahakan klo kata ibu saya itu yg penting niat dan bisa mau ngerjain apapun entah itu hasilnya bagus tau tidak setidaknya kita sudah mau melakukannya.

Klo dipikir sih saya sepertinya lebih suka bikin kue ya daripada memasak,soalnya kan saya suka nyemil biarpun badan ya segini gini aja sih,apalagi puasa kali ini saya sudah turun berat badan sekitar 3kg! Kembali lagi ke kue ya,jadi hari minggu itu saya bikin 4 macam kue sekaligus dalam sehari mulai dari hari minggu pagi saya berangkat beli bahan2 kue dipasar jatinegara..setelah semua bahan terkunpul saya mulai deh bikin kuenya..

1.Lidah Kucing Original

Suka banget sama kue ini karena tipis sekali dan aroma butter juga susunya wangi bgt,apalagi sewaktu masih panas bisa setoples deh saya cemilin duluan,hahaha,tapi sayang cetakannya saya salah beli makanya jadinya panjang gitu,harusnya sih yg pendek dan agak kedalam dibagian tengahnya jadi hasilnya cantik persis spt yg dijual ditoko.

Lidah kucing original
Lidah Kucing

2.Kuker susu

Sebenarnya ini kue simpel bgt bahannya karena hanya butuh maizena,SKM,dan butter.ceritanya pernah liat diblog sebelah ada yg posting dan saya tuh penasaran kaya apa sih rasanya,dan bentuknya juga lucu spt ulat gitu,tapi saya tidak bikin yg sama persis karena agak gmna gitu klo ditaruh didlm toples,hahaha.jadi saya buat ulatnya agak gede dan teman saya kira itu adalah kue kacang mede ๐Ÿ˜ฌ

Kuker ulat mini warna warni

3.Blackberry Almond Thumbprint Cookies

Nah kue ini sebelumnya saya sudah pernah buat tapi selainya saya pakai strawberry dan pinggirannya saya pakaikam keju parut,cuma kali ini saya pingin bikin yg lain yg rasa blackberry dan taburan almond cincang.

Blackberry Almond Thumbprint

4.Kastengel

Klo ini hari sebelumnya saya bikin kastengel ini kue wajib dari dulu disamping Nastar yg harus ada dihari lebaran.

5.Nastar

Ini sptnya kue sejuta umat ya dan suguhan wajib dihari raya.tapi karena keburu ngantuk karena sudah jam 11 malam jadi gak sempat saya foto,cuma tampilannya sih sama spt yg pernah saya bikin kemarinan itu..

Jadiii seharian itu saya menghasilkan kue lebaran sebanyak 12 toples dan tanpa bantuan siapapun,hebatt kan? Hehehehe…dan kue-kue itu juga sudah ada yang pesan loh,jadi siap2 untuk cape lagi karena klo dijual semua nanti dirumah gak ada kue lebarannya dong..karena juga libur kerja itu mulai cuma tgl 24 juni makanya saya kebut deh dihari minggu dan saya sudah bikin target kira2 saya mau bikin berapa macam kue..

Segitu aja cerita saya tentang kue lebaran,klo teman-teman kira sudah ada yg bikin kue lebaran belum ya???๐Ÿ™‚

Di dapur itu menyenangkan..

Sudah lama saya gak pernah posting disini karena sibuk dengan kerjaan kantor dan di dapur juga!Nahhh yg didapur itulah sebenarnya yg utama,hahaha…karena sekarang sering masak atau bikin kue dan roti dan ada beberapa teman dan tetangga yg juga ikutan pesan kan lumayan yaaa ๐Ÿ˜ฌ makanya hampir klo libur gak keluar rumah cuma ngoprek didapur,lihat kalau kalau ada bahan apa gitu yg bisa dibikin sesuatu,hehehe…

Beberapa teman bilang klo saya sebenarnya ada bakat,karena meski baru sekali saya bikin seringnya berhasil dan rasanya okelah mereka loh yg bilang bukan saya,wkwkwkwkwk..Nah ini ada beberapa hasil kreasi saya

1.Aneka kue

Bika ambon
Banana cake
Nastar
 

2.Aneka roti

Roti sobek
Roti cream bun teflon
Sweet rolls
Pizza roti tawar

3.Aneka puding/agar-agar

Agar-agar lengkeng coklat
Agar-agar lumut
Brownies puding coklat
Agar -agar mozaik

4. Masakan

Kembung goreng sambal dabu
Tahu crispy
Pepes tahu,oncom,ikan peda dan tongkol
Telur dadar
Nugget tempe
Selagi kita mau berusaha dan pantang menyerah pasti bisa! Masih terus belajar biarpun gak ikutan class tapi cukup dari internet aja ngpp yg penting happy!!

Mari kita masak lagi ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ™

Crunchy Thumbprint Cookies Strawberry.

Dari hobby masak lumayan juga neh,suka dapet orderan dari temen buat makan siang jadi sekalian saya masak buat sendiri dan buat temen-temen juga,dan ceritanya ada yg coba pesen kue nastar karena pernah nyobain nastar saya dan suka!

Jadi hari minggu ini saya kepasar lagi beli bahan buat bikin kuenya, terus terlintas kepengen bikin kue thumbprint cookies strawberry yang klo sekilas sih kaya kue semprit ya,tapi kue ini diluarnya crunchy dan dalemnya itu lembut banget trs bisa pakai selai apa aja,klo saya karena yang  ada cuma selai strawberry ya saya pake aja..pertama saya bikin selai nanasnya yg buat nastar dulu lalu saya taruh dikulkas sampai nanasnya mulai menyerap airnya..terus iseng saya bikin aja kue si selai strawberry ini daripada iseng kan,haha…

“Crunchy Thumbprint Cookies Strawberry” cuma bentuknya masih belum kece neh,

Thumbprint cookies strawberry
sptnya saya terlalu dalem tekan jempolnya deh tapi klo rasanya sih udah ok banget neh..crunchy diluar dan lembut didalam ๐Ÿ“๐Ÿช๐Ÿ“๐Ÿช๐Ÿ’

Bahan-Bahan:

115 gr butter

50 gr gula pasir klo saya pakai gula       

         halus

1 Butir telur dipakai kuningnya 

        buat adonan

Lalu dikocok dan tambahkan

150 gr tepung terigu

15   gr maizena

1/4 sdt garam

1 sdt vanilla ekstrak

Kemudian diaduk lagi sampai rata,kemudian taro adonn didalam kulkas selama 10 menit agar mudah dibentuk..dan buat bulatan kecil sesuai selera sih lalu celupkan di putih telur kemudian gulingkan di parutan keju/kacang almond yg sudah dihancurkan kemudian tekan bagian tengahnya dengan jempol dan isi dengan selai strawberry atau apa aja terserah.dan setelah oven panas panggang selama kurleb 30-40 menit.

Selai Nanas

Jadi tinggal bikin kue nastarnya nanti nunggu waktu luangnya,haha..

Cerita dibalik si cumi asin cabe ijo…

Jadi kemarin pas saya kepasar saya beli cumi asin dan begitu sampai dirumah si cumi asin ketinggalan dan saya gak jadi bikin cumi asin cabe ijo..tapi tadi pagi ada tetangga nganterin cumi asin saya yang ketinggalan di tukan sayur langanan..emang ya klo rezeki gak akan kemana dan akhirnya saya bisa bikin “cumi asin cabe ijo”๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

Jadi hari ini saya masak oseng kembang kol & cuminasin cabe ijo untuk bekal makan siang tadi dikantor..

Oseng kembang kol

Cumi asin cabe ijo

Bingung juga ya kalau tiap hari masak karena harus mikir setiap hari makanan yang  akan dimasak, jadi teringat ibu betapa saya merasakan kebingungan masak setiap hari dengan menu yang berbeda.. Duhhhh ibu sekarang anakmu sudah bisa masak jadi biarlah anakmu ini saja yang masak setiap hari untuk kita.

Sayur Lodeh Gurih

Sebenarnya sayur lodeh hampir sama dengan sayur asem, beda dibumbu tapi hampir sayurannya sama paling ada beberapa spt terong dan wortel yang gak ada di sayur asem..antara sayur asem dan sayur lodeh??? Saya lebih suka sayur lodeh.. Karena rasanya ada aroma santannya dan saya gak suka yang dipakein kunyit diiris tipis2.. Jadi saya buat yang simpel aja! Oh iya ada yang bilang klo sudah bisa bikin sayur asem dan lodeh pastinya nanti akan bisa masak apa aja, masa sihhh????!!!

Klo buat saya masak itu harus kreatif meskipun belum seperti yg di masterchef  beneran, haha.. Jadi kadang saya masukan aja bumbu yang kira- kira pas untuk masakan yang akan saya masak…dan sekarang saya masak “sayur lodeh gurih”

Sayur Lodeh Gurih…

Bahan-bahan:

3 buah kacang panjang

1/2 buah terong ungu

Segengam daun melinjo

1 buah wortel

1/2 buah labu siam

1 buah jagung manis

1 lbr daun jeruk

1 lbr daun salam

1 batang sereh

Lengkuas

200 ml santan

200 ml air

Minyak untuk menumis


Bumbu dihaluskan:

2 siung bawang putih

4 siung bawang merah

2 buah kemiri

1 sdt ketumbar

1 sdt merica

Secukupnya gula dan garam


Cara memasak:

*Panaskan minyak dan masukan sereh, daun salam, daun jeruk dan lengkuas, tumis hingga harum wangi dan tambahkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Masak hingga berubah warnanya dan sisihkan.

*Dipanci lain panaskan air hingga mendidih lalu masukan jagung kemudian masukan bumbu yang telah ditumis, masukan sayuran yang telah dipotong- potong sebelumnya lalu masukan santan aduk hingga sayuran matang, diaduknya dgn api sedang supaya santannya tidak pecah. Lalu masukan garam, lada, gula secukupnya.. Icip2 dan kalau sudah pas rasanya angkat deh..

Sayur Lodeh Gurih

Tidak ada kata terlambat untuk belajar meskipun hanya belajar masak, hehe… 

Bika Ambon & Chicken Katsu Saus Teriyaki Ala Ulfa…

Kalau liat dari judul di atas sih kaga nyambung yak?hahaha…tapi namanya juga iseng ngacak- ngacak dapur jadi ya apa aja di coba biarpun gak nyambung ๐Ÿ˜ฌ lagipula saking ngebetnya kepingin bikin bika ambon jadi bangun pagi prepare buat persiapannya.sebenarnya sih bahan-bahan nya gak susah karena hanya daun sereh, daun jeruk,tepung terigu, santan, gula pasir, ragi dan telor.Dulu itu almarhumah nenek suka bikin kue bika ambon untuk di jual tapi beliau gak memasukan telor kedalam resepnya..nah yang saya mau bikin saya ambil resep dari blog nya teman dan saya pakai yang telor ayam 4 butir.

Suka banget sama si bika ambon ini! Karena tekstur kue nya tuh kenyal dan saya suka aroma dari daun jeruk nya.bermodal ipad di dekat semua bahan- bahan si kue bika ambon karena sambil nonton cara buat nya sambil di praktekin juga, haha.. Ribet sih memang’ tapi ya ngpp kalau nanti saya berhasil kan bagus juga ๐Ÿ˜œ kalau liat video nya tuh kayanya gampanggggg banget.. Tapi kenapa hasilnya masih gak sama ya??? Pertama saya bikin adonan yang intinya supaya kue nya berongga dan kenyal..

Adonan yang di campur ragi di simpen dulu sekitar 2-3 jam

Setelah saya bikin adonan intinya baru deh saya mixer adonan lain separuh ditambah santan yang sudah di masak dengan campuran daun sereh dan daun jeruk, setelah itu di simpen dulu sekitar kurleb 2-3 jam.. Sambil menunggu adonan nya siap saya sempetin bikin chicken katsu saus teriyaki.. Simpel bikin nya enak untuk cemilan. 

Ayam fillet yang sudah di bumbui bawang putih, garam dan merica

Ayamnya berendam di minyak goreng, hihihi

Saya sengaja bikin fillet nya dicampur yang besar dan kecil- kecil.. Biasa buat mejeng di blog sebelah dan ada beberapa hasil masakan kreasi sendiri disukai banyak orang dan di recook pula, duhhhhh siapa yang gak senang kan hasil masakan sendiri gitu loh, haha…
Chicken Katsu Saus Teriyaki

Tadaaaaa…… Seperti inilah hasilnya, sayang gak punya stok wortel dan buncis untuk temannya si chicken katsu terpaksa ada kentang dan saya goreng aja buat temannya,xixixi

Dan untuk si bika ambon!! Saya kurang puas hasilnya… Karena saya salah taro loyang alhasil ya kue nya pendek dan santan nya juga terlalu banyak jadi kue gak mekar dan kenyal sampai bergaris gitu deh, huhuhu…

Bika Ambon

Tekstur kue nya sih sudah kenyal dan lembut juga harum daun jeruknya berasa banget, hanya sayang kue nya pendek karena salah loyang dan gak bergaris gitu rongganya.. Dan memang perjuangan banget bikin supaya si kue bisa menghasilkan rongga yg bagus!

Masih perlu belajar lagi neh dan pasti saya akan buat lagi nanti dan yakin hasilnya akan sempurna.

Amiin ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

Next bika ambon!!

Bika ambon adalah penganan asal indonesia.terbuat dari telur,gula dan santan,umumnya dijual dengan rasa pandan,tapi sekarang ini banyak yang jual dengan bermacam rasa seperti durian,keju dan coklat.jika dalam kondisi yang baik bika ambon ini biasanya bertahan sekitar 3-4 hari karena setelah itu kue akan mulai mengeras.sebenarnya masih bingung sih dulu dipikiran saya kue bika ambon ini berasal dari ambon ๐Ÿ˜ฌternyata saya salah! Mentang-mentang ada ambon dibelakangnya kali ya,aduhh ulfa kamu tuh dudul banget dan sok teuuu banget sih,hahahaha… Jadi katanya kue bika ambon ini terilhami dari kuenya khas melayu yaitu bika atau bingka.

Selanjutnya dimodifikasi bahan supaya mengembangnya berupa seperti rongga dan berbeda dari kue bika atau bingka..kenapa bisa sampai bika ambon??? Yah karena kue tersebut pertama kali dijual dan polular di simpang Jl.Ambon-Sei Kera Medan.Bika ambon ini dikenal sebagai oleh-oleh khas kota medan,sumatera utara.Nahhhh…..sekarang tantangan saya yah mau bikin kue bika ambon ini! Biarpun masih bingung gimana itu bikin rongga atau bersarangnya supaya lembut seperti yang suka saya beli di toko kue??? Kalau saya pikir sih agak mirip kue karamel ya atau sarang semut,hanya rasanya beda aja..lagi cari- cari resep yang pas dan mudah bikinnya,tapi kebanyakan yah repot juga ya tahap-tahapnya,hahahaha.

Untungnya ada salah satu teman di blog share resep bika ambon dan caranya juga gak ribet2 amat sih,jadi semangat buat mencoba neh,ayooo ulfa kamu pasti bisa masa kalah sama ibu-ibu penjual kue tetangga deket rumah sih ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ selagi mikir-mikir cara yang pas,perut ko berasa kruk kruk kruk ya,ternyata saya laparrr sambil iseng bikin omelet lagi telor dadar paprika..  Jadi saya bisa bobo dengan nyenyak! 

Bika Ambon..ngiler banget kan liat kuenya,apalagi saya suka sekali klo agak hangus diatasnya gitu.

Ahhhh bika ambon kenapa dikau bikin saya jadi tambah lapar, gak cukup hanya omelet aja nambah 2 buah sisa donat yang saya bikin aja  karena masih enak dimakan dan cukuplah bikin perut saya begahhh,wkwkwkwk….

Ini dia cemilan malam sebelum tidur”telur dadar paprika”

Dan sekarang berhubung perut sudah kenyang jadi saya mau bobo dulu ya,sampai jumpa di cerita bika ambon yang baru,ditunggu aja yah dan doakan saya berhasil bikin sampai berongga dan gak lengket..๐Ÿ™๐Ÿ™

Donat Kentang Mini ๐Ÿฉ๐Ÿฎ๐Ÿฉ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜‹

Aloooooo….akhirnya setelah lama gak bisa buka wp akhirnya hari ini berfungsi kembali disini,gegara upgrade ios makanya app tau2 ilang dan pantas aja ko ya gak pernah ada notif lagi digmai!! Padahal kan itu notif pasti banyak dan tiap hari tang ting tung terus,hahahaha….dan sekarang sudah kembali normal! Begitu aktif waduhh banyak banget notif dan saya langsung baca satu persatu,khususnya postingan teman-teman senior yang sudah lama ngeblog dan yang sering saya kepoin,hihihihi…kepingin sih sering posting tulisan apa aja seperti teman-teman yang lain,tapi yah aku paling susah merangkai kata dan mengingat apa yang mau diposting.

Dan sekarang saya cuma mau bilang kalau hari ini saya bikin donat kentang ๐Ÿฉ,pas bangun tidur badan rasanya susah digerakin dan sakit seperti habis kerja bakti aja..aduhhhh sakit dan pegelnya itu sampe bikin saya sutris deh!! Jadi ya terpaksa gak berangkat kerja deh dan ternyata menjelang jam 9 am saya bete dan iseng males cuma tiduran dikamar aja,rencana sih kepengen manggil mbok yang biasa mijit saya tapi orangnya gak ada dirumah dan saya kepikiran mau bikin sesuatu aja yang bisa dibuat cemilan rame2..

Akhirnya terpikirlah si donat kentang! Tapi saya kan gak punya cetakan donatnya dan klo harua bikin pakai tangan sendiri gede-gede gitu saya pasti gak bisa nanti jadi aneh bengkak gak karuan hahahaha..Makanya saya bikinnya yg versi mini.bahan-bahannya murah dan bisa dibeli diwarung gak perlu kepasar atau kesupermarket.berbekal sisa bahan yang ada dirumah ditambah sedikit kentang itu juga cuma 2 buah kentang ukuran kecil saya beli untuk campuran donatnya..dan setelah 20 menit menguleni dan 30 menit menunggu sampai adonannya mengembang akhirnya mulailah memulung adonan donatnya,gak punya cetakan donat pakai gelaspun jadilah,hahahaha….dan setelah dapat 3 loyang berisi donat kentang mini saya diamkan lagi selama 15 menit sampai akhirnya donat satu persatu masuk wajan,dan mengorengnya juga cuma sekitar 1 menit udah bisa kita angkat..

Sidonat lagi digoreng,jreng jreng jreng…

Kemudian saya mulai siapkan topingnya,ada coklat,meses dan keju..begitu digoreng saya terus colok-colok itu lubang donatnya pakai sumpiy karena takut lubangnya jadi ketutup,dan begitu jadi aduhhhh….ibuku bilang itu donat ko seperti kue cincin,hahahaha!! Saking imutnya sama seperti yang bikinnya ๐Ÿ˜ฌ. Tapi setelah saya tutup dengan toping coklat,meses dan keju ko yah lumayan juga bentuknya lucu mini gitu,dan rasanya juga empuk renyah diluar dan aroma rasa kentangnya itu berasa banget! Wahhh happy deh akhirnya bisa bikin donat yang kata orang sih itu siapapun juga bisa bikin karena gampang! Padahal ketika saya bikin juga yah gak susah-susah amat sih tapi gak gampang-gampang juga..cuma yah klo sesuai takarannya yah pasti kebentuk donatnya,palingan rasanya aja yg mungkin beda2 ya? Ada yg empuk,keras atau bantet karena gak ngembang! Dan donat buatan saya hampir 100% cuma lagi2 bentuknya yg gak sesuai tapi rasa alhamdulillah berhasillah,hehehehe…

Donat Kentang Mini…

Nahhhh….seperti itulah wujud si donat kentang mini ala ulfa..dan donat siap disantap untuk cemilan rame-rame..๐Ÿ˜‹๐Ÿฉ๐Ÿฎ๐Ÿช๐Ÿ™